Soal & Kunci PAT/UKK Tema 9 Kelas 4 SD/MI Tahun 2021


Soal PAT/PAS Tema 9 Kelas 4 SD / MI dan Kunci Jawaban – Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Penilaian Akhir Semester Genap digunakan oleh Satuan Pendidikan dalam mengukur capaian hasil belajar Peserta Didik sebelum melanjutkan ke tingkat berikutnya.

 




Untuk membantu Adik-Adik yang masih duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar dalam belajar , Bank Soal membagikan Contoh Soal PAT/UKK Tema 9 Kelas 4 SD/MI Semester 2 Tahun 2021. Soal ini juga dapat digunakan oleh Guru pengampu mapel PAI & BP dalam menyusun Soal PAS Semester 2 Kelas 4 SD/MI.



 



A. Soal & Kunci Tema 9 Kelas 4 SD/MI Mapel PPKn & Bahasa Indonesia




1. Menjaga kelestarian lingkungan merupakan kewajiban

A. Petugas kebersihan

B. Lembaga kemasyarakatan

C. Pecinta lingkungan

D. Warga masyarakat



2. Kewajiban kita terhadap lingkungan adalah….

A. Menikmati lingkungan segar

B. Memperoleh lahan untuk tempat mendirikan berbagai prasarana

C. Memperoleh apa yang kita butuhkan

D. Membersihkan lingkungan dari sampah



3. Menyediakan ruang terbuka hijau yang ditanami pepohonan merupakan …….. setiap warga negara.

A. Kewajiban

B. Hak

C. Kebutuhan

D. Perilaku



4. Perhatikan gambar berikut!

(Gambar ada di file soal)

Berdasarkan gambar tersebut perilaku yang dapat mengganggu hak orang lain ditunjukan oleh….

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)



5. Hak yang diperoleh masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya air adalah….

A. Mematikan air kran setelah mencuci tangan

B. Tidak membuang sampah ke suangai

C. Menanam pohon di lahan yang kering

D. Menggunakan air untuk mengairi sawah



6. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu upaya menjaga ketersediaan air bersih. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dilakukan dengan cara….

A. Membakar sampah di hutan

B. Membuang sampah pada tempatnya

C. Menyimpan sampah sampai membusuk

D. Menebang pepohonan di lingkungan rumah



7. Kewajiban kita sebagai warga negara adalah…

A. Mengikuti pendidikan dasar

B. Menikmati hidup layak

C. Mengembangkan kebudayaan

D. Mendapatkan pendidikan



8. Jika mendapatkan hak untuk memanfaatkan energi , maka kita bisa merasakan….

A. Manfaatnya

B. Kerugiannya

C. Dampaknya

D. Akibatnya



9. Hak yang diperoleh dari sumber energy adalah….

A. Mendapatkan udara bersih

B. Memasak dengan gas LPG

C. Membayar listrik tepat waktu

D. Merasakan adanya listrik untuk penerangan



10. Kewajiban manusia terhadap hutan adalah….

A. Mendapatkan udara sejuk

B. Melakukan reboisasi

C. Memanfaatkan hasil hutan untuk kebutuhan sehari-hari

D. Mendapatkan oksigen yang dihasilkan oleh pohon di hutan



11. Perilaku dibawah ini yang menunjukan sikap boros dalam menggunakan energy adalah….

A. Mematikan lampu jika tidak dipakai

B. Memperbaiki kran yang bocor

C. Tidak mematikan kompor saat air mendidih

D. Berjalan kaki untuk pergi ke tempat yang dekat



12. Menjalin persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah ditunjukan dalam bentuk tindakan…..

A. Gotong royong membersihkan selokan

B. Aktif dalam organisasi karang taruna

C. Bejerja sama dalam piket kelas

D. Hidup rukun dengan tetangga



13. Contoh perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan adalah…

A. Menjenguk salah satu warga yang sakit

B. Membersihkan lingkungan bersama-sama

C. Mementingkan diri-sendir

D. Saling menghormati orang yang berbeda agama dan suku



14. Orang yang memberikan informasi dalam sebuah wawancara disebut….

A. Narrator

B. Wartawan

C. Moderator

D. Narasumber



15. Agung ingin mengetahui potensi Desa Sambi. Agung melakukan wawancara dengan petani di Desa Sambi bernama Pak Saptoro. Dalam hal ini Agung bertindak sebagai….

A. Teman wawancara

B. Pewawancara

C. Sumber berita

D. Narasumber



16. Setelah selesai melakukan wawancara , yang kita lakukan adalah membuat….

A. Cerita

B. Wawancara

C. Laporan hasil wawancara

D. Topic wawancara



17. Jika kamu ingin mengetahui topik tentang cara-cara menghadapi kebakaran. Maka narasumber yang cocok adalah…

A. Polisi

B. Tentara

C. Satpol PP

D. Petugas pemadam kebakaran



Bacalah cuplikan wawancara berikut! Untuk soal nomor 18-20

 

Lala : Maaf pak bolehkah saya meminta waktu bapak sebentar

Bapak Camat : iya , ada apa ya?

Lala : Begini pak , saya ingin mewawancarai bapak , apa boleh?

Bapak Camat : Oh iya , silahkan

Lala : kalau boleh tahu , sudah berapa lama bapak menjabat sebagai Camat?

Bapak Camat: Sekitar 4 tahun.

Lala : Apa Bapak menimati pekerjaan bapak selama menjadi Camat?

Bapak Camat: Oh iya tentu.

Lala : kalau boleh tau sehari-hari bapak pergi kantor mengendarai apa?

Bapak camat : kalau saya naik mobil.

Lala : Apakah bapak mempunyai anak , kelas berapa sekarang?

Bapak camat: Ya saya mempunyai seorang anak laki-laki , sekarang kelas 4 SD.

Lala : Ya sudah pak , saya rasa cukup maaf telah mengganggu , terimakasih.

Bapak Camat: Iya sama-sama.



18. Narasumber yang terdapat pada teks wawancara di atas…

A. Teman lala

B. Wakil camat

C. Bapak camat

D. Lala



19. Teks wawancara yang di atas menceritakan tentang…

A. Kehidupan Bapak Camat

B. Kehidupan masyarakat desa

C. Anak bapak camat

D. Profesi bapak camat



20. Sebelum melakukan wawancara hal yang harus dilakukan adalah….

A. Mempersiapkan diri secara matang dan harus siap dalam memberikan pertanyaan

B. Mempersiapkan diri secara matang dan belum siap dalam memberikan pertanyaan

C. Mempersiapkan diri dan tidak harus siap dalam memberikan pertanyaan

D. Mempersiapkan diri secara matang dan tidak harus siap dalam memberikan pertanyaan



21. Alat bantu yang biasa digunakan di dalam melakukan wawancara adalah…

A. Alat tulis dan alat perekam

B. Buku dan kabel

C. Microfon

D. Buku dan microfon



Perhatikan bacaan berikut! Untuk soal nomor 22 – 23

 

Warga di wilayah Kelurahan Rawa Bebek , Kecamatan Koja , Kota Jakarta Utara , bersama aparat pemerintahan kelurahan melakukan kerja bakti bersama. Kegiatan itu dilakukan untuk mencegah banjir. Kegiatan kerja bakti yang dilakukan antara lain membersihkan selokan di depan tiap-tiap rumah warga serta membersihkan sampah yang ada di lingkungan.

 

Lurah rawa Bebek , Purnomo menjelaskan bahwa kegiatan kerja bakti atau gotong royong itu dilakukan rutin di kelurahan Rawa Bebek. Dalam kegiatan itu warga juga melakukan penghijauan agar jalan lingkungan menjadi asri , hijau dan indah. Manfaat lain kerja bakti adalah terjalinnya kerjasama dan kebersamaan di antara warga.



22. Kerja bakti yang dilakukan warga di kelurahan Rawa Bebek bertujuan untuk….

A. Membersihkan selokan

B. Membersihkan sampah

C. Menjalin persatuan

D. Mencegah banjir



23. Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah…

A. Mengapa diadakan kerja bakti di kelurahan Rawa Bebek?

B. Apa yang dilakukan warga Rawa Bebek dalam kerja bakti?

C. Siapa yang melakukan kerja bakti?

D. Bagaimana cara warga Rawa Bebek untuk membersihkan lingkungan?



24. Perhatikan teks berikut!

Jenis sampah dapat dibedakan menjadi dua macam , yaitu sampah organik yang mudah membusuk dan sampah anorganik atau yang sulit membusuk. Sampah organik misalnya sisa-sisa makanan atau sampah dapur yang biasanya basah , dan daun-daun dari kebun. Sampah yang sulit membusuk atau tidak bisa membusuk , antara lain plastik , kaca atau gelas , logam , karet dan kain.


Informasi yang tidak sesuai dengan isi bacaan di atas adalah….

A. Sampah organic adalah sampah yang basah

B. Sampah organik mudah membusuk

C. Karet dan kain termasuk sampah organik

D. Sampah dibedakan menjadi dua macam



25. Perhatikan data berikut ini!

Tujuan wawancara : mengetahui tujuan , persiapan pelaksanaan , narasumber , dan anggaran kegiatan pentas seni.

Narasumber : guru kesenian

Pewawancara : Andi (seksi majalah dinding sekolah)


Salah satu kalimat Tanya yang tepat diajukan pewawancara adalah…..

A. Bagaimana pendapat Ibu terhadap pentas seni ini?

B. Bagaimana dampak pentas seni ini terhadap kreativitas siswa ini , Bu?

C. Apakah pelaksanaan pentas seni sudah Anda pikirkan masak-masak?

D. Bagaimana cara Ibu mendapatkan dana untuk pembiayaan pentas seni ini?



26. Andra : “[…………………….]’’

Kinan : “Kipas angin dapat bergerak karena ada aliran listrik yang menggerakan kipas angin”.

Kalimat tanya yang sesuai untuk melengkapi wawancara tersebut adalah….

A. Di mana kipas angin bergerak?

B. Siapa yang menggerakan kipas angin?

C. Mengapa kipas angin dapat bergerak?

D. Kapan kipas angin bergerak?



27. Tumbuhan merupakan sumber daya alam hayati yang sangat beragam dan melimpah.

Arti kata hayati adalah…..

A. Hidup

B. Mati

C. Pemakai

D. Penghasil



Bacalah Paragraf berikut untuk soal nomor 28 dan 29!

 

Keadaan hutan di Cagar Alam Tambora Selatan masih sangat alami. Kawasan ini merupakan tempat konservasi tumbuhan , seperti duabang , bidada , dan kesambi. Kawasan ini juga sebagai tempat hidup fauna dilindungi seperti rusa , beo , kakatua , kepodang , burung gosong dan trenggiling.



28. Arti kata cagar adalah…

A. Kumpulan tumbuhan dan hewan yang hidup di suatu tempat

B. Daerah perlindungan untuk melestarikan

C. Tumbuhan dan hewan tempat hidup dan berinteraksi semua tumbuhan dan hewan

D. Tumbuhan dan hewan yang harus dilindungi , dari kepunahan.



29. Ide pokok paragraf tersebut adalah…..

A. Cagar Alam Tambora Selatan memiliki area luas

B. Cagar Alam Tambora Selatan masih sangat alami

C. Cagar Alam Tambora Selatan sebagai lahan konservasi

D. Cagar Alam Tambora Selatan sebagai tempat hidup



30. Di bawah ini yang termasuk penyebab dari kerusakan terhadap lingkungan alam adalah….

A. Membangun Villa di puncak dengan menebang pohon

B. Melakukan reboisasi

C. Membuang sampah pada tempatnya

D. Menanam tanaman bakau di tepi pantai



31. Peristiwa terjadi pada gambar di atas adalah akibat dari masyarakat yang tidak melaksanakan……….. terhadap lingkungan

Jawab : reboisasi



32. Memanfaatkan sumber daya alam termasuk ………………. Setiap warga negara

Jawab : Hak



33. Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan , diatur dalam UUD pasal……

Jawab : 29



34. Menangkap dan menjual ikan dari hasil tangkapan merupakan hak masyarakat yang tinggal di wilayah…..

Jawab : Pesisir pantai



35. Sebelum melakukan wawancara sebaiknya kita membuat……

Jawab : Pertanyaan



36. Narasumber yang tepat untuk diwawancarai mengenai cara meningkatkan hasil panen adalah….

Jawab : Petani



37. ………… cara bapak untuk menanggulangi hama?

Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah….

Jawab : Bagaimana



Perhatikan teks berikut! Untuk soal nomor 38 dan 39!

 

Hemat energy adalah mempergunakan energy yang ada dengan seperlunya saja. Energy yang kita gunakan tidak dapat diperbarui. Oleh karena itu kita harus mempergunakannya sehemat mungkin. Apabila kita hemat menggunakan energy maka kita pun akan menghemat biaya.



38. Judul yang sesuai untuk teks bacaan tersebut adalah….

Jawab : Manfaat hemat energi



39. Kita harus menggunakan energy sehemat mungkin karena…

Jawab : Akan menghemat biaya



40. Sumber energy harus kita jaga kelestariannya agar tidak punah. Sinonom dari kata punah adalah….

Jawab : Habis



41. Sebutkan 3 (tiga) hak warga negara!

Jawab: Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum , pendidikan dan kehidupan yang layak



42. Sebutkan 3 (tiga) bentuk kerjasama antarwarga masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan SDA dan lingkungan hidup!

Jawab: Mengadakan reboisasi , membentuk komunitas penyuluhan masyarakat , memberi tindakan hukum kepada oknum perusak SDA.



43. Sebutkan 3 (tiga) hal yang menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan!

Jawab: Asap kendaraan , pembakaran sampah , penebangan pohon secara liar



44. Suatu hari Laras diberi tugas mewawancarai Penambangan batu bara dengan topik Sumber Energi.

Buatlah satu kalimat tanya!

Jawab:Apa manfaat dari penambangan batu bara sebagai sumber energi?



45. Sebutkan langkah-langkah dalam melakukan kegiatan wawancara!

Jawab: Menentukan topik , narasumber dan daftar pertanyaan.



B. Soal & Kunci Tema 9 Kelas 4 SD/MI Mapel IPA , IPS & SBdP




1. Sumber energy yang digunakan sebagai pengganti sumber energy utama , merupakan pengertian dari……

A. Energy alternative

B. Energy fosil

C. Matahari

D. Minyak bumi



2. Sumber energy alternative terbesar di bumi adalah….

A. Air

B. Udara

C. Matahari

D. Listrik



3. Alat yang dapat mengubah energy matahari menjadi listrik adalah..…

A. Sel surya

B. Aerogenerator

C. Turbin

D. Setrika listrik



4. Salah satu pemanfaatan sumber daya alam sebagai bahan bakar bio adalah…

A. Air untuk diminum

B. Tumbuhan berbiji yang mengandung

C. Daun kering yang dibakar

D. Kayu sebagai bahan bakar


 

5. Bentuk perubahan energy yang terdapat pada gambar disamping adalah…..

A. Energy listrik menajdi cahaya

B. Energy listrik menjadi gerak

C. Energy listrik menjadi bunyi

D. Energy listrik menjadi panas



6. Berikut adalah salah satu keuntungan dari energy alternative .

A. Ramah lingkungan

B. Jumlah tidak terbatas

C. Harganya mahal

D. Mudah dimanfaatkan



7. Kelompok alat yang mengubah energy listrik menjadi energy gerak adalah…

A. Radio dan sepeda

B. Lampu dan kipas angin

C. Setrika dan mesin cuci

D. Kipas angin dan bor listrik



8. Pemanfaatan energy air sebagai pembangkit listrik adalah..

A. PLTU

B. PLTA

C. PLTG

D. PLTN



9. Kegiatan pada gambar di samping dapat mengakibatkan….

A. Pencemaran air

B. Tanah longsor

C. Banjir

D. Pencemaran udara



10. Usaha yang dilakukan pemerintah untuk menjaga kelestarian hutan adalah…..

A. Cagar alam

B. Suaka margasatwa

C. Pembalakan hutan

D. Hutan lindung



11. Interaksi diantara masyarakat dengan lingkungan disebut dengan…

A. Pengelompokan social

B. Makhluk social

C. Hubungan social

D. Lingkungan social



12. Masyarakat yang tinggal di daerah pesisir sebagian besar bermatapencaharian sebagai sebagai…

A. Nelayan

B. Petani

C. Polisi

D. Dokter



13. Sebagian besar masyarakat di pedesaan memanfaatkan tanahnya sebagai…

A. Tambak ikan

B. Lahan pertanian

C. Perdagangan

D. Industry



14. Salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui

A. Bensin

B. Solar

C. Minyak bumi

D. Air



15. Berikut ini contoh sumber daya alam yang dimanfaatkan sebagai sumber energy adalah…

A. Emas dan perak

B. Gas alam dan batu bara

C. Tembaga dan bauksit

D. Perak dan tembaga


16. Sumber daya alam yang berasal dari hasil tambang adalah….

A. Emas , mutiara dan perunggu

B. Emas , perak dan perunggu

C. Emas , perak , dan batu bara

D. Emas , minyak bumi dan mutiara



17. Pusat peleburan timah di Indonesia terdapat di….

A. Muntok

B. Semarang

C. Martapura

D. Samarinda



18. Berikut ini merupakan usaha-usaha untuk melestarikan kekayaan alam adalah…

A. Membuang limbah di sungai

B. Mendaur ulang barang-barang bekas

C. Menangkap ikan dengan bahan peledak

D. Air laut menjadi tercemar



19. Salah satu akibat dari pengeboran minyak yang mengalami kebocoran adalah…

A. Rusaknya ekosistem hutan

B. Kehidupan aneka satwa terganggu

C. Keseimbangan alam terganggu

D. Air laut menjadi tercemar



20. Usaha yang dilakukan pemerintah dalam mengendalikan penebangan pohon secara liar adalah….

A. Membuat undang-undang kehutanan

B. Membuat undang-undang kelautan

C. Membuat undang-undang perindustrian

D. Membuat undang-undang pertanian



21. Bunyi yang berurutan dan memiliki frekuwensi tertentu disebut…

A. Birama

B. Tempo

C. Notasi

D. Nada



22. Dibawah ini yang bukan tanda pada tempo cepat adalah….

A. Alegro

B. Presto

C. Largo

D. Vivave



23. Alat yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan lagu adalah….

A. Piano

B. Metronome

C. Manometer

D. Dynamometer



24. Berikut ini yang termasuk lagu wajib adalah…

A. Rayuan pulau kelapa

B. Suwe Ora Jamu

C. Bintang Kecil

D. Bengawan Solo



25. 4/4 = Andante tempo lagu tersebut mempunyai arti…

A. Lagu dinyanyikan cepat

B. Lagu dinyanyikan perlahan-lahan

C. Lagu dinyanyikan lambat

D. Lagu dinyanyikan dengan semangat



26. Pencipta lagu memandang alam adalah…

A. H. Muntahar

B. W.R Supratman

C. Ibu Sud

D. AT. Mahmud



27. Birama yang digunakan pada lagu Aku Cinta Lingkungan adalah…

A. ¼

B. 4/4

C. ¾

D. 2/4



28. Sebuah lagu dinyanyikan dengan tanda tempo moderato , yang mempunyai arti….

A. Sedang

B. Lambat

C. Cepat

D. Dalam hati



29. Berikut ini adalah salah satu contoh lagu wajib….

A. Suwe ora jamu

B. Hari merdeka

C. Aku cinta lingkungan

D. Apuse



30. Nada dasar lagu “ Aku Cinta Lingkungan “ adalah…

A. F = do

B. G = do

C. C = do

D. D = do



31. Bahan bakar yang berasal dari tumbuhan disebut…

Jawab : Biogas



32. Sel surya dapat mengubah panas matahari menjadi energy…

Jawab : Listrik



33. Pembangkit listrik yang menggunakan uranium sebagai sumber energinya adalah…

Jawab : PLTN



34. Salah satu cara untuk memperbaiki kerusakan hutan adalah….

Jawab : Reboisasi



35. Wilayah dataran yang memiliki ketinggian diatas 400 meter diatas permukaan laut disebut….

Jawab : Dataran tinggi



36. Nama sungai yang terdapat di pulau Klimantan sebagai tempat jual beli adalah….

Jawab : Sungai Kuin



37. Hasil laut yang dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan agar-agar adalah…

Jawab : Rumput laut



38. Symbol nada dengan titik diatas angka termasuk kelompok nada….

Jawab : Sedang



39. Lagu aku cinta lingkungan dinyanyikan dengan irama…

Jawab : Birama 2/4



40. Tanda tempo lagu sangat lambat sedih adalah ,…

Jawab : 10-44 ketuk/menit



41. Sebutkan 3 (tiga) contoh energy alternative yang ada di bumi!

Jawab: Biomassa , matahari dan angin



42. Sebutkan 3 (tiga) kelebihan penggunaan energy alternative !

Jawab: Menghemat sumber daya dan uang , ramah lingkungan , sumber energi yang tidak pernah habis



43. Sebutkan 2 (dua) jenis lingkungan social !

Jawab: Lingkungna fisik dan lingkungan biologis



44. Sebutkan 3 (tiga) dampak dari pembalakan hutan secara liar !

Jawab: Banjir , tanah longsor , hilangnya sumber daya air



45. Sebutkan macam-macam tanda tempo lambat !

Jawab: Largo , largissimo , largeto



Bagi Adik-Adik atau Bapak Ibu yang memerlukan contoh soal diatas , silahkan unduh pada tautan berikut :




Demikian informasi tentang Soal & Kunci PAT/UKK Tema 9 Kelas 4 SD/MI Tahun 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi seputar informasi terbaru dari Bank Soal.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel