Materi Teknik Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA
Materi Teknik Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Teknik Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas XI SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Teknik Promosi Usaha Pengolahan Makanan Internasional Mapel Prakarya kelas 11 SMA/MA |
Halo peserta didik yang berbahagia, semoga kalian selalu sehat dan semangat. Selamat berjumpa di modul pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Dalam modul ini akan dibahas tentang strategi promosi produk usaha pengolahan makanan internasional dari bahan pangan nabati dan hewani meliputi pengertiaan promosi, tujuan dan manfaat promosi, sasaran promosi dan teknik promosi.
Apakah kalian tahu salah satu makanan internasioanal? Tentu tahu ya! Contoh makanan internasional adalah hamburger, pizza, spagheti, steak, kebab, fried chicken. Makanan cepat saji memang telah menjadi tren dimasyarakat terutama di kalangan remaja. Berbagai brand usaha seperti Pizza Hut, Mc Donald, KFC banyak diminati masyarakat. Untuk mengomunikasikan usaha oalahan makanan yang telah diproduksi perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi.Promosi tidak hanya berhubungan dengan produk, harga produk, dan pendistribusian produk, tetapi berkait pula dengan mengkomunikasikan produk ini kepada konsumen agar produk dikenal dan pada akhirnya dibeli.Oleh karena itu mari kita belajar tentang strategi promosi.
Istilah
- Promosi : Suatu akitivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut
- Periklanan (Advertising) : Bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
- Penjualan Tatap Muka (Personal Selling) : Bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
- Publisitas (Publisity) : Suatu bentuk promosi non personal mengenai, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi/berita tentangnya (pada umumnya bersifat ilmiah).
- Promosi Penjualan (Sales promotion) : Suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
- Pemasaran Langsung (Direct marketing) : Suatu bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen.
- Strategi Promosi : kegiatan yang direncanakan dengan menggunakan berbagai teknik promosi sebagai alat dengan maksud membujuk, merangsang konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan.
- Kupon : Surat kecil atau karcis yang ditukarkan dengan barang atau untuk membeli barang
- Diskon : Potongan harga
- Sampel : Contoh
A. Tujuan Pembelajaran
- Menjelaskan teknik promosi usaha pengolahan makanan Internasional dari bahan pangan nabati dan hewani.
B. Uraian Materi
1. Memberikan kupon (Coupons)
2. Price-off Deals/Discount (Potongan harga)
3. Premium and advertising specialties (Promosi special)
4. Contest and sweepstakes (Kontes dan Undian)
5. Sampling and trial offers (pemberian contoh produk)
- In-store sampling yaitu pemberian contoh produk di dalam toko.
- Door-to-door sampling yaitu pemberian contoh produk dengan mendatangi konsumen satu per satu. Teknik ini lumayan mahal karena besarnya biaya tenaga kerja, tetapi dapat efektif jika pemasar mempunyai informasi lokasi yang sesuai dengan segmentasi dan target yang akan dicapai pada area geografi tertentu.
- Mail sampling yaitu mengirimkan contoh produk melalui jasa pos. Teknik ini merupakan alternatif dari distribusi door-to-door.
- Newspaper sampling yaitu pengiriman contoh produk melalui surat kabar.
- On-Package sampling yaitu teknik dimana contoh barang disisipkan pada kemasan produk lain, sangat berguna untuk brands targeted. Contohnya: pembelian makanan utama berhadiah ice cream
- Mobile sampling yaitu membawa keluar logo untuk menghiasi mall, area rekreasi, pekan raya dan pusat perbelanjaan.
- Brand (Product) placement adalah teknik promosi untuk mencapai pasar dengan memasukan produk pada sebuah acara televisi atau film.Contoh: artis melakukan adegan makan/minum dengan menggunakan produk makanan internasional atau di warung makan/restoran.
- Rebates (Rabat/ tawaran pengembalian tunai) yaitu memberikan pengurangan harga setelah pembelian terjadi. Konsumen mengirim bukti pembelian tertentu kepada produsen.Dikenal dalam tawaran barang konsumsi sebagai beli tiga, dapat satu gratis.
- Frequency (Continuity) programs yaitu teknik promosi yang mengarah kepada program-program yang berkelanjutan, seperti menawarkan konsumen discount atau hadiah produk gratis untuk mencapai terjadinya pengulangan dalam pembelian atau langganan dari merk atau perusahaan yang sama.
- Event Sponsorship yaitu menjadi spronsor pada suatu event besar yang banyak didatangi oleh konsumen. Seperti pertandingan balap mobil, konser music atau acara amal, itu membuat merk sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga membuat kredibilitas merk meningkat bersamaan dengan para penonton di acara tersebut.
1. Membuat Website atau Toko Online
2. Menggunakan Social Media
3. Membuat Channel Youtube
4. Menggunakan sarana iklan gratis
5. Kerja sama dengan Ojek Online
C. Rangkuman
- Dalam persaingan usaha kita harus mempunyai pengetahuan mengenai teknikteknik yang dalam promosi pemasarannya berdampak baik dan bersifat efektif.
- Teknik promosi yang dapat dilakukan adalah : Memberikan kupon (Coupons), Price-off Deals/Discount (Potongan harga), Premium and advertising specialties (Promosi special), Contest and sweepstakes (Kontes dan Undian), Sampling and trial offers (pemberian contoh produk), Membuat website atau took online, menggunakan social media, membuat chanel youtube, menggunakan sarana iklan gratis dan memanfaatkan ojek online
D. Penugasan Mandiri
E. Latihan Soal
- Sebutkan jenis-jenis teknik promosi?
- Apa yang dimaksud contest and sweepstakes?
- Mengapa promosi melalui media social sangat popular dikalangan masyarakat?
- Apakah yang dimaksud event sponsorship? Berikan contohnya!
Kunci Jawaban Latihan Soal Kegiatan Pembelajaran 2
- Jenis-jenis teknik promosi meliputi memberikan kupon (Coupons), Price-off Deals/Discount (Potongan harga), Premium and advertising specialties (Promosi special), Contest and sweepstakes (Kontes dan Undian), Sampling and trial offers (pemberian contoh produk), membuat website atau took online, menggunakan social media, membuat chanel youtube, menggunakan sarana iklan gratis dan memanfaatkan ojek online
- Contest and sweepstakes dalah teknik promosi yang dilakukan dengan memberikan hadiah berupa tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai, perjalanan atau barangbarang karena membeli sesuatu
- Promosi melalui media sosial sangat popular dikalangan masyarakat karena sosial media saat ini sudah menjadi kebutuhan di masyarakat, 90% orang pasti memiliki sosial media minimal satu aplikasi seperti Facebook, Instagram, twiter. Sehingga promosi melalui media sosial akan cepat terakses dimasyarakat.
- Event Sponsorship yaitu menjadi spronsor pada suatu event besar yang banyak didatangi oleh konsumen. Contoh : Seperti pertandingan balap mobil, konser music atau acara amal, itu membuat merk sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga membuat kredibilitas merk meningkat bersamaan dengan para penonton di acara tersebut.
F. Penilaian Diri
- hasil penjualan makanan internasional
- soal tentang promosi produk hasil usaha makanan internasional
- promosi produk hasil usaha makanan internasional
- makalah promosi produk hasil usaha makanan internasional
- usaha pengembangan makanan internasional
- manfaat kegiatan promosi produk makanan internasional
- rancangan hasil aplikasi promosi penjualan produk makanan internasional
- brosur promosi makanan internasional