Materi Bahan Dan Teknik Pengemasan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA
Materi Bahan Dan Teknik Pengemasan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin menyampaikan jangan lupa untuk menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran wabah virus corona. Oiya kali ini kakak ingin membagikan materi tentang Bahan Dan Teknik Pengemasan dari mata pelajaran Prakarya untuk adik adik kelas X SMA/MA. Semoga dengan adanya materi ini bisa bermanfaat yah. Semangat!!
Materi Bahan Dan Teknik Pengemasan Mapel Prakarya kelas 10 SMA/MA |
Modul ini sebagai pendamping buku teks pelajaran (BTP) atau buku sekolah elektronik (BSE) sebagai media pendukung bagi kalian dalam memahami materi tentang Sistem Produksi Kerajinan Dengan Inspirasi Artefak/Objek Budaya Lokal.
Materi strategi Sistem Produksi Kerajinan Dengan Inspirasi Artefak/Objek Budaya Lokal ini adalah materi yang sangat penting dan harus kalian kuasai karena berguna dalam membuat dan mengemas produk kerajinan dengan inspirasi artefak/objek budaya.
Dalam mempelajari modul ini kalian harus membaca dengan cermat. Melalui kegiatan membaca dan mempelajari materi, kemudian dilanjutkan dengan mengerjakan latihan soal sebagai alat evaluasi disertai refleksi. Semoga modul ini bermanfaat, kalian dapat mengerti dan memahami isi modul serta menerapkannya.
Istilah
- Artefak :sebuah alat benda atau peninggalan sejarah yang di buat oleh manusia (bukan benda alamiah yang di modifikasi) yang dapat di pindah dari suatu tempat ke tempat lain tnpa merusak bentuk asli nya.
- Kemasan : wadah atau pembungkus yang berguna untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan pada barang yang dikemas atau dibungkusnya
- Kemasan Disposable : kemasan sekali pakai yang hanya digunakan sekali saja lalu dibuang
- Kemasan Multitrip : kemasan yang dapat digunakan berkali-kali oleh konsumen dan dapat dikembalikan kepada agen penjual agar digunakan kembali
- Kerajinan : suatu proses untuk membuat produk dengan menonjolkan fungsinya untuk dipakai maupun sebagai pajangan dengan nilai estetika yang indah
- Pembahanan : mempersiapkan bahan baku agar siap diproduksi
- Perakitan : proses penggabungan dari beberapa bagian komponen untuk membentuk suatu konstruksi kerajinan yang diinginkan
A. Tujuan Pembelajaran
- Mengetahui jenis dan kegunaan bahan kemas
- Mengetahui teknik penyajian dan pengemasan
- Membuat bahan kemas
B. Uraian Materi
- Self Service: kemasan menunjukkan ciri khas dari suatu produk yang dijual sehingga setiap produk satu dengan yang lain harus memiliki kemasan yang berbeda.
- Consumer Affluence: kemasan yang menarik dapat mempengaruhi konsumen untuk bersedia membayar lebih.
- Company and Brand Image: kemasan merupakan brand image perusahaan sehingga bisa menjadi salah identitas perusahaan untuk dikenal masyarakat.
- Inovational Opportunity: Kemasan yang inovatif dapat memberikan manfaat bagi konsumen dan menguntungkan perusahaan.
Manfaat Kemasan dan Tujuannya
- Physical Production: pembuatan kemasan bertujuan untuk melindungi produk/ barang dari suhu, getaran, guncangan, tekanan dan sebagainya yang ada di sekitarnya
- Barrier Protection: pemasangan kemasan pada suatu produk/ barang bertujuan untuk melindunginya dari hambatan oksigen uap air, debu dan lain sebagainya.
- Containment or Agglomeration: pengemasan barang juga bertujuan untuk pengelompokkan sehingga proses penanganan dan transportasi menjadi lebih efisien.
- Information Transmission: pada kemasan juga dapat dicantumkan mengenai cara menggunakan, daur ulang, dan membuang kemasan atau label tersebut.
- Reducing Theft: pemasangan kemasan pada produk/ barang juga bertujuan untuk mencegah pencurian dengan melihat kerusakan fisik pada kemasan.
- Convenience: kemasan merupakan fitur yang menambah kenyamanan dalam distribusi, penanganan, penjualan, tampilan, pembukaan, penutup, penggunaan dan digunakan kembali.
- Marketing: desain kemasan dan label dapat dimanfaatkan oleh pemasar untuk mendorong calon pembeli untuk membeli produk.
Jenis-jenis Kemasan
1) Berdasarkan struktur isi
2) Berdasarkan Frekuensi Pemakaian
3) Berdasarkan Tingkat Kesiapan Pakai
- Kemasan Siap Pakai yaitu jenis kemasan yang siap untuk diisi dan bentuknya telah sempurna sejak diproduksi. Misalnya botol, kaleng, dan lain-lain.
- Kemasan Siap Dirakit yaitu kemasan yang membutuhkan tahap perakitan sebelum diisi produk/ barang. Misalnya, plastik, aluminium foil, kertas kemas.
Teknik Membuat Kemasan yang Menarik
1) Membuat desain kemasan yang unik
2) Desain Kemasan Sesuai Target pasar
3) Membuat Kemasan dengan Beberapa Ukuran
4) Mencantumkan informasi produk secara lengkap
C. Rangkuman
- Kemasan adalah wadah atau pembungkus yang berguna untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan pada barang yang dikemas atau dibungkusnya. Kemasan juga dapat diartikan sebagai suatu sistem yang disusun sedemikian rupa untuk mempersiapkan barang/produk agar dapat didistribusikan, dijual, disimpan, dan digunakan.
- Tujuan utama pemberian kemasan pada produk adalah untuk melindungi dan mencegah kerusakan terhadap apa yang dijual. Selain itu, kemasan juga bisa menjadi sarana informasi dan pemasaran yang baik dengan membuat desain kemasan yang kreatif sehingga lebih menarik dan mudah diingat konsumen.
- Berdasarkan struktur isinya kemasan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu
- Kemasan Primer
- Kemasan Sekunder
- Kemasan Tersier
- 4.Berdasarkan frekuensi pemakaiannya kemasan dapat dikelompokkan menjadi:
- Kemasan disposable
- Kemasan multi trip
- Kemasan semi disposable
D. Penugasan Mandiri (optional)
E. Latihan Soal
- Jelaskan pengertian kemasan!
- Jelaskan fungsi kemasan!
- Sebutkan jenis-jenis kemasan berdasarkan frekuensi pemakaiannya!
Pembahasan Soa
- Kemasan adalah wadah atau pembungkus yang berguna untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan pada barang yang dikemas atau dibungkusnya.
- Fungsi kemasan secara umum adalah:
- Self Service: kemasan menunjukkan ciri khas dari suatu produk yang dijual sehingga setiap produk satu dengan yang lain harus memiliki kemasan yang berbeda.
- Consumer Affluence: kemasan yang menarik dapat mempengaruhi konsumen untuk bersedia membayar lebih.
- Company and Brand Image: kemasan merupakan brand image perusahaan sehingga bisa menjadi salah identitas perusahaan untuk dikenal masyarakat.
- Inovational Opportunity: Kemasan yang inovatif dapat memberikan manfaat bagi konsumen dan menguntungkan perusahaan.
- jenis-jenis kemasan berdasarkan frekuensi pemakaiannya
- Kemasan Disposable
- Kemasan Multi Trip
- Kemasan Semi Disposable
F. Penilaian Diri
- teknik pengemasan produk kerajinan
- teknik pengemasan makanan khas daerah
- teknik pengemasan adalah
- contoh kemasan
- teknik pengemasan pkwu
- cara vakum makanan basah
- makanan vakum tahan berapa lama
- teknik penyajian dan pengemasan